Kamis, 05 Desember 2013

Sungkui / Lemang


Siapa yang tak kenal sungkui, bagi warga Sanggau merupakan makanan yang paling favorit untuk jamuan acara-acara pesta atau pun di saat hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.
Dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, Sungkui merupakan menu wajib. Dapat dipastikan setiap tamu yang singgah kesanaa akan disajikan makanan yang membuat liur anda  ketagihan. Pangeran Ratu Surya Negara, Drs Gusti Arman menyatakan Sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa. Menu Sungkui adalah menu andalan untuk tamu terhormat bagi kerajaan.
Makanan khas dari Sanggau ini setelah diolah menjadi makanan bentuknya tetap sederhana, lonjong dan tipis serta memanjang. Namun, di balik kesederhanaanya itu, makanan ini punya keistimewaan dengan bau harum yang khas. Dengan kekhasannya itulah, pemesannya bukan hanya dari kalangan biasa-biasa saja. Namun, menu Sungkui sudah menjadi langganan baik para pejabat maupun pengusaha saat perayaan hari raya atau perayaan lainnya.
Cara memasaknya juga sangat sederhana, setelah dibungkus kedalam daun keririt lalu diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar empat jam, dimana setiap dua jam sekali harus dibolak-balik agar dapat masak merata.
Setelah jadi nasi Sungkui dapat dihidangkan dengan lauk pauk pilihan lainya seperti serondeng, sambal nanas, opor ayam, gulai dan rendang sapi. Tentunya yang paling wajib harus ada yaitu serondeng.
Untuk lebih sempurna maka boleh juga ditambahkan dengan lemang dan srikaya. Srikaya disini dimaksudkan sebagai pencuci mulut. Tentunya dapat dibuat sendiri dengan olahan telur, gula dan santan yang disteam.
Bagi Anda pencinta kuliner, menu yang satu ini layak anda coba, dijamin ketagihan di lidah anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo